Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil atau makanan yang mengandung protein sangatlah penting untuk ibu hamil, anda dan bayi tidak biasa lepas dari kebutuhan makanan sehat yang mengandung protein, protein membantu menjaga energi dan memberikan bayi anda kebutuhan asam amino untuk pertumbuhan bayi.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Berapa banyak protein masa kehamilan ? Protein yang di butuhkan masa kehamilan adalah 60 Gram walaupun ada beberapa ahli giji yang menyarankan 100 gram. Untuk gambaran satu liter susu memiliki protein sebanyak 30 gram. Berikut beberapa makanan sehat untuk ibu hamil:

Sayuran
Sayuran adalah pola makan sehat untuk ibu hamil, mengkonsumsi sayur-sayuran secara teratur  tiap hari untuk mendapatkan vitamin mineral,  serta serat. Berikut ini ada beberapa contoh sayuran:
1. wortel  2 buah sangatlah baik untuk ibu hamil karena mengandung vitamin A untuk pembentukan tulang dan mata bayi
2.Barkoli satu gelas atau 100 gram mengandung asam folat dan kalsium sangatlah baik untuk ibu hamil karena untuk perkembangan tulang  bayi
3. Kacang edamame, mengandung vitamin A dan B sangatlah baik untuk  di konsumsi ibu hamil  karena mengandung zat besi, protein, kalsium, cukup 2,5 sendok makan sehari
4. Kacang merah satu sendok  makan  atau 200 gram sangatlah bermanpaat untuk perkembangan kognif bayi karena mengandung zat besi, antioksidan dan protein
Anda dapat memaksimalkan  makanan yang di terima tubuh dan bayi anda.

Ikan dan telur, daging:
Kelompok makanan yang baik untuk ibu hamil juga terdapat pada ikan, telur dan daging. Jenis makanan ini kaya protein yang penting untuk pertumbuhan bayi. Makanan seperti daging ayam, sapi, telur, tuna dan salmon mengandung banyak protein yang dapat melancarkan metabolism tubuh, berperan penting untuk janin, mengurangi resiko kelahiran bayi premature dan baik bagi perkembangan bayi.

Makanan sumber karbohidrat
Makanan sumber karbohidrat sangat dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat ibu hamil. Jenis makanan ini bias kita dapatkan dari kentang, sereal oatmeal. Makanan lain yang bias dikonsumsi dan baik untuk ibu hamil yaitu jagung, roti dan aneka pasta. Makanan yang mengandung karbohidrat ini dapat membantu untuk mendapatkan energy.

Susu dan produk turunannya
Ibu hamil juga membutuhkan asupan susu untuk mendukung kesehatannya dan bayinya. Susu dan produkturunanya sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang serta mencukupi kebutuhan kalsium. Susu yang dapat dikonsumsi diantaranya; susu rendah lemak dan susu kedelai. Jika ibu hamil ternyata alergi terhadap susu maka dapat diganti dengan sareden atau jus jeruk.

Itulah bebrapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Kesehatan ibu dan bayi sangat penting, karena itulah kita harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Semoga bermanfaat.