Makanan Yang Baik Atau Pengganti ASI Untuk Bayi


Makanan untuk bayi memang tidak sembarangan apalagih bayi di bawah 6 bulan, kita harus memperhatikan usia dan pertumbuhannya dan menyesuaikan bahan  makanan agar menu yang kita sajikan mudah untuk di cerna dan tidak menimbulkan alergi atau kesehatannya.



Tanda-tanda Bayi Siap Makan
Pertumbuhan tiap bayi memang unik sehingga tidak dapat di bandingkan antara satu samalain, namun terdapat cirri-ciri umum yang menunjukan bahwa bayi telah siap mengkonsumsi makanan. Bayi anda mungkin memiliki satu atau dua tanda-tanda, sebagai berikut ini ketika berusia 6bulan:

    •Bayi anda tertarik pada makanan yang anda konsumsi
    •Dia mulai bisa memasukan ke mulut karena telah ada koordinasi antara mata, mulut, serta tangannya.
    •Dia dapat menelan makanan, jika tidak dia akan mengeluarkan itu kembali keluar dari mulut.


Makanan yang baik untuk bayi selain ASI  ibunya seperti:
    •Bubur tepung beras merah yang di masak dengan menggunakan cairan atau kaldu daging.
    •Ubi jalar yang berwarna oranye memiliki tekstur lebih lembut dan rasanya lebih manis plus sumber beta karoten yang bagus, Nutrisi tersebut bermanfaat membantu mencegah beberapa kanker dan efek radikal bebas, bahkan ubi jalar setelah di rebus bisa di buat bubur dengan di tambahkan susu untuk di perkenalkansebagai makanan padat pertama bayi.
    •Wortel sangatlah bagus untuk bayi karena banyak mengandung vitamin A, serta lembut dan rasanya manis dan bagus untuk kesehatan penglihatan.
    •     Kentang mengandung vitamin C merupakan sumber kalium yang baik untuk bayi


 Yang Perlu Di Perhatikan Untuk Makanan Bayi
Perlu kita perhatika untuk makanan bayi apalagih di usia kurang dari setahun seperti, 
 -Makanan cepat saji atau makanan kemasan karena termasuk bubur bayi yang banyak di jual di supermarket dalam bentuk bubuk, jauh lebih baik untuk mengolah masakan sendiri dengan bahan segar tanpa tambaha pengawet.
-Jus, karena memiliki kandungan serat dan nutrisi yang lebih rendah di bandingkan dengan buah yang di potong atau di haluskan, terlalu banyak makan jus juga dapat menyebabkan bayi diare.
-Biji-bijian atau makanan kecil yang beresiko bisa dapat menyebabkan tersendak seperti popcorn, kacang, permen.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai tentang makanan yang baik atau pengganti asi untuk bayi yang menjadi bahasan dalam artikel ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh hubungannya dengan artikel ini penulis banyak berharap kepada para pembaca yang budiman memberikan keritik dan saran yang membangun kepada kami demi sempurnannya artikel ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.